Mengenai Saya

Foto Saya
Magetan, Jawa Timur, Indonesia
Seorang pekerja keras, Pantang Menyerah, Penasaran, Cerdas, Sabar, Baik, Selalu belajar, Ingat pada TUHAN dalam keadaan apapun.

Total Pengunjung

Senin, 02 April 2012

Pesawat Kepresidenan RI

Ada kabar baru yang kontroversial nih sob, tentang Pembelian Pesawat Khusus Presiden yang harganya hampir 1 triliun katanya!! pesawat ini jenisnya Boeing 787 Business Jet 2 yang banyak juga dipake sama presiden-presiden di seluruh dunia.

Sebelumnya, Tengok dulu nih Pesawat Boeing 787 Business Jet 2 itu kayak gimana..



Lumayan Mantep kan sob? Dibalik Pesawatnya yang Mantep, Harganya juga lumayan mantep. Lebih mahal daripada ruang rapat banggar DPR yang Rp.20 Milyar.. so, sebenernya berapa sih harga Boeing 787 Business Jet 2? Tengok Yuk Perincian Harga-nya
Body Pesawat: $58,6 Juta
Interior: $27 Juta
Sistem keamanan: $4,5 Juta
Administrasi: $1,1 Juta
Total Harga: $91,2 Juta atau Rp. 820 Milyar!!

Mahal banget yah sob? semahal itu isinya apaan aja ya? yuk tengok spesifikasi Pesawat Kepresidenan RI. dikutip langsung dari Boeing.com dan diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

Pesawat BBJ2 ini didisain untuk keperluan VIP. Yakni didisain dengan konfigurasi mewah dengan keberadaan kamar tidur utama, toilet yang dilengkapi dengan shower, ruang konferensi, ruang makan, dan ruang tamu.

Boeing BBJ2 ini memiliki panjang sekitar 39,5 meter, panjang sayap 35,8 meter, tinggi ekor 12,5 meter dan memiliki diameter 3,73 meter. Untuk interiornya, BBJ2 ini memiliki panjang 29,97 meter, dengan tinggi 2,16 meter dan lebar 3,53 meter.

Dengan daya tampung 39.539 liter bahan bakar, pesawat ini dapat terbang maksimal sejauh 10.334 kilometer. Namun jika pesawat berisi maksimal 50 orang, maka jarak tempuhnya mencapai 8.630 kilometer. Jarak tempuh itu bisa dilalui dengan kecepatan maksimal 871 kilometer per jam.

"Buset dah tu pesawat mahal banget, jangan-jangan utang luar negeri deh!!" enggak sob, saya baca di VivaNews katanya udah hampir lunas ^_^

Meski pro kontra seputar pembelian pesawat kepresidenan masih menjadi perdebatan, rupanya pemerintah telah melunasi harga badan pesawat dan telah diserahterimakan pada 21 Januari 2012.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Lambock V. Nahattands mengatakan sampai Januari 2012, pemerintah telah melunasi harga badan pesawat Boeing Business Jet 2 Green Aircraft US$58,6 juta atau Rp525,9 miliar. Jika ditambah biaya administrasi, harga pembelian itu menjadi Rp526,143 miliar.

Pembayaran dilakukan dalam tiga tahap berdasar kontrak tahun jamak yang dikeluarkan Menteri Keuangan pada 21 Desember 2010, bernomor S-566/MK.2/2010. "Pembayaran tahap pertama dilakukan tahun 2010," kata Lambock di Setneg, Jakarta, Kamis 9 Februari 2012.

Lambock mengungkapkan, dalam pengadaan pesawat kepresidenan itu, Sekretariat Negara telah membentuk tim yang bertugas menyusun spesifikasi teknis beserta anggarannya sesuai standar pengamanan VVIP. Tim terdiri atas unsur Sekretariat Negara, Sekretaris Militer Presiden, Mabes TNI AU dan Paspampres, serta PT Garuda Indonesia.

"Kenapa pilihnya Boeing ya sob? PT. Dirgantara memangnya ga bisa buat Pesawat Kepresidenan? atau anak-anak SMK itu lah.. kan udah pada jago-jago" Pesawat Kepresidenan bukan sembarangan pesawat sob.. anak-anak SMK belom bisa sampe bikin Pesawat Khusus Presiden, kalo bisa.. udah bikin Pesawat Presiden, mending Bikin Perusahaan Pesawat Sendiri deh -_-. Kalo PT. Dirgantara juga belom mampu gan, ada alasannya kenapa milih Boeing, berikut Penjelasannya:

Keputusan pemerintah membeli pesawat jenis Boeing, ungkap Lambock, dikarenakan jenis pesawat ini menguntungkan ditinjau dari operasional dan perawatan.

Dari segi operasional, pemerintah menganggap para pilot di dalam negeri, termasuk pilot TNI AU, lebih siap dan mengenal pesawat jenis Boeing. Sementara dari segi perawatan, lebih banyak dan siap serta memiliki kapabilitas yang memadai dibanding untuk perawatan pesawat merek lain.

"Pesawat Boeing telah banyak digunakan untuk penerbangan VVIP negara-negara di dunia," katanya.

Kriteria dan spesifikasi pesawat kepresidenan yang dibuat pemerintah adalah mampu terbang jauh sekitar 10-12 jam, mampu mendarat di bandara kecil, memuat kapasitas rombongan presiden yang berjumlah sekitar 70 orang.

Kriteria lain adalah memiliki peralatan navigasi, komunikasi, cabin insulation dan inflight entertainment yang khusus. 

Nah.. dari tadi kita cuma ngebahas tentang Spesifikasi Pesawatnya sob, katanya harga Interior pesawatnya aja sampe $27 juta, sebenernya "calon" interior pesawat presiden kita tuh kayak apaan sih?


Betul sekali sob, di dalemnya lengkap dan mewah. ada Sofa, Tempat Tidur, Ruang Rapat, Kamar Mandi, serta tangga untuk menuju ke dek 2. sistem keamanannya pun gak sembarangan, CCTV Standby 24 Jam walau pesawat kagak diterbangkan. Mantep yah, keren banget.tapi semoga aja Pesawat Kepresidenan ini digunakan dengan bijak. bukan cuma buat berfoya-foya karena harganya yang kagak murah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Lokasi Pengunjung