Mengenai Saya

Foto saya
Magetan, Jawa Timur, Indonesia
Seorang pekerja keras, Pantang Menyerah, Penasaran, Cerdas, Sabar, Baik, Selalu belajar, Ingat pada TUHAN dalam keadaan apapun.

Total Pengunjung

Sabtu, 26 Mei 2012

Konservasi Energi PLTMH(Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro)

Pada post kali ini, saya memberikan contoh konkrit produk dari project yang saya buat untuk keperluan praktikum Fisika Dasar di kampus ITB. Memang produk ini digunakan oleh para mahasiswa tingkat satu. Tapi, rasanya project ini bisa dilakukan oleh anak-anak tingkat SMU dan memang konsep fisika yang digunakan adalah konsep sederhana yang kita pelajari sejak SD, yakni konservasi energi. Project ini bernama PLTMH, yang merupakan kependekan dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro. Bisa dikatakan bahwa pembangkit listrik ini merupakan skala kecil dari PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Saat siswa mengerjakan project ini, mereka akan belajar mengenai konversi energi yakni perubahan energi potensial (air) ke energi kinetik (air), energi gerak (kincir) kemudian ke energi listrik yang dihasilkan oleh dinamo. bahkan untuk saya sendiri yang bekerja di bidang ini, saya mengalami suatu proses belajar yang tidak berbeda. Berbeda dengan yang pernah saya pelajari di sekolah, yang dari hanya sekedar melihat, mendengar dan sekedar mengetahui mengenai konsep dasar Fisika serta bentuk dari suatu benda yang dapat menghasilkan listrik. Ada juga beberapa teman yang tidak mengetahui bahwa dinamo seperti dinamo mobil-mobilan dapat menghasilkan listrik. Mereka berpikir bahwa hanya dinamo-dinamo tertentu saja yang bisa seperti itu, misalnya dinamo sepeda dan yang digunakan di PLTA. Saya lalu menjelaskan prinsip listrik magnet sederhana, bahwa dinamo bukan hanya diberi listrik lalu dapat bergerak, tetapi juga bisa sebaliknya. Pengalaman sederhana ini adalah contoh bagaimana mengerjakan suatu project, memberi bukti dari suatu konsep fisika dapat membuka wawasan lebih luas, ketimbang dengan hanya membaca dan mendengarkan pelajaran di sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lokasi Pengunjung